Jumat, 13 Juli 2007

Bermain Game RTS di Layar Ganda



Ada satu potensi mesin portabel Nintendo DS yang selama ini belum tergali, yaitu genre Real-Time Strategy (RTS). Bagi yang belum kenal, dalam genre ini pemain menggerakkan unit-unit pasukan nyaris tanpa jeda. Musuh beraksi ketika pemain sedang berpikir. Unit protagonis diarahkan ke musuh, dan mereka kemudian bertempur secara otomatis. Mereka saling menyerang hingga salah satu pihak tertumpas, atau mendapat perintah baru. Yang tidak kalah pentingnya, pemain juga harus membangun sumber daya di tengah serunya pertempuran, misalnya untuk memulihkan energi pasukan atau memulihkan pasukan baru.

Berbeda dengan PC yang bergelimang game RTS, di mesin home-system hanya ada segelintir, contohnya Hundred Swords (Dreamcast) atau Rasetsu Alternative (PlayStation2). Ini disebabkan oleh penggunaan alat mouse yang lebih lazim di PC. Nah, Nintendo DS punya satu fasilitas yang tak kalah efektifnya dibandingkan mouse, yaitu layar sentuh dan stylus-nya. Bekal ini baru saja didayagunakan oleh Square Enix dan developer Brownie Brown dalam game Seiken Densetsu - Heroes of Mana.

Game RTS ini merupakan bagian dari serial RPG populer Seiken Densetsu (lihat artikel lain di halaman ini), sehingga gaya grafis kartunalnya berbeda dengan game RTS di PC pada umumnya. Kisahnya juga lebih spesifik dan linear, sebagaimana lazimnya RPG Jepang.

Kisah Heroes of Mana dimulai oleh sebuah misi pengintaian dari negeri Pedda terhadap Beast Kingdom. Rojer dan rekan-rekannya mendapat serangan hingga pesawat mereka jatuh di wilayah musuh. Yang lebih runyam lagi, Rojer kemudian menyadari bahwa mereka memang sengaja dikorbankan oleh pemerintah Pedda demi suatu ambisi besar.

Setelah mengadakan kontak dengan penguasa Beast Kingdom, Rojer pun menjadi kekuatan independen. Bersama pasukannya yang semakin besar, ia berupaya menghentikan peperangan global yang melibatkan berbagai negeri. Salah satu konsekuensinya tentu saja adalah berhadapan dengan pasukan dari tanah airnya sendiri.

Pusat kekuatan Rojer berada pada pesawat udara Nightsouls. Dari situ, Rojer bisa mengerahkan pasukan Charisma dan peleton yang disebut MOB. Dalam pertempuran ada empat tipe pasukan, yaitu infanteri, artileri, balistik, dan skuadron udara. Para pasukan terdiri dari monster yang familiar bagi fans serial Seiken Densetsu. Misalnya Rabites-kelinci lucu tanpa potensi tempur-yang berguna untuk mengumpulkan batu Gaia dan buah Treant.

Game ini menggunakan dua layar Nintendo DS dengan sangat efektif. Pemain bisa memantau situasi pertempuran dalam jarak dekat di satu layar, sekaligus mengamati seluruh area dan memperhatikan sumber daya pasukan di layar lain. Pemain bahkan bisa menukar peran antara layar atas dengan layar sentuh di bawah untuk memudahkan gerakan pasukan. Bermain RTS dengan stylus merupakan sensasi tersendiri.

Jika agak jenuh menjalani Story Mode, pemain bisa menjajal pemilik Nintendo DS lainnya. Game ini bisa dimainkan oleh dua mesin sekaligus secara nirkabel. Pemain juga bisa terkoneksi dengan internet untuk memajang rekor dan mencoba peta online yang berhadiah item langka. Sayang permainan multi-player tidak bisa dilakukan lewat internet. (ray)


Seiken Densetsu - Heroes of Mana
Genre: RTS
Mesin: Nintendo DS
Produksi: Square Enix
Rilis: 8 Maret 2007

Tidak ada komentar: