Jumat, 13 Juli 2007

Pertempuran Taktis di Layar PSP

Ivalice Alliance adalah proyek Square Enix untuk merilis sederetan game yang bersetting di dunia Ivalice (dunia fiktif dalam game Final Fantasy Tactics dan FF Tactics Advance). Proyek yang dicanangkan dua tahun silam ini terdiri dari Final Fantasy XII, FF XII - Revenant Wings, FF Tactics - Shishi Sensou, dan FF Tactics A2 - Fuuketsu no Grimoire.

Titel ketiga dari empat game tersebut baru saja hadir. Game untuk mesin portabel PSP ini merupakan game daur ulang dari Final Fantasy Tactics seri pertama, yang satu dekade silam memulai debut di mesin PSone. Inilah kesempatan bagi yang belum pernah memainkan Strategy RPG legendaris ini, sekaligus bagi yang ingin bernostalgia.

Square Enix tidak sekadar memindah sebuah game lama ke layar portabel. Berbagai tambahan menarik telah diberikan dalam game FF Tactics - Shishi Sensou ini. Yang paling dahulu terlihat adalah layarnya yang kini wide-screen, dengan dimensi 16:9.

Adegan FMV (full-motion video) bergrafis CG (computer graphics) yang dulu membuka versi home-systemnya tidak ada lagi. Tapi sebagai gantinya, ada FMV bergrafis cel-shading yang bertebaran di setiap chapter. Dari FMV baru yang lebih sesuai dengan desain Akihiko Yoshida ini, pemain bisa lebih dekat dengan sosok para karakternya.

Segmen pengaturan pasukan dan segmen pertempuran dalam FF Tactics - Shishi Sensou ini nyaris identik dengan versi home-systemnya. Bedanya, kini pemain mendapat dua pilihan job karakter baru. Yang pertama adalah Onion Knight, yang tempo hari muncul dalam game Final Fantasy III versi mesin portabel Nintendo DS. Satunya adalah Dark Knight, yang dulu hanya dimiliki oleh karakter Gafgarion. Lumayan, meski akan lebih keren seandainya ada juga job Holy Swordsman milik Orlandu atau job Astrologist milik Olan.

Para veteran mestinya ingat kehadiran Cloud (Final Fantasy VII) dalam Final Fantasy Tactics. Kini ada dua karakter tamu lagi. Karakter Balflear dari Final Fantasy XII ikut tampil. Begitu juga dengan Luso, yang beberapa bulan lagi akan membintangi FF Tactics A2 - Fuuketsu no Grimoire di mesin Nintendo DS. Sebagaimana Cloud, dalam game ini mereka menyandang job yang unik.

Seakan semua itu belum cukup menarik, Square Enix masih menyimpan satu kejutan lagi. Setelah permainan berlangsung beberapa saat, pemain akan menemukan opsi baru dalam pengaturan karakter. Opsi tersebut adalah permainan multiplayer antara dua mesin PSP. Dua pemain bisa saling mengadu pasukan masing-masing dalam pertempuran sebagaimana permainan biasa. Fitur yang berhadiah item eksklusif ini sudah lama sekali dinantikan, dan seharusnya lebih sering diterapkan dalam game lain. (ray)


Final Fantasy Tactics - Shishi Sensou
Genre: Strategy RPG
Mesin: PSP
Produksi: Square Enix
Rilis: 10 Mei 2007

Tidak ada komentar: