Jumat, 13 Juli 2007



Dulu, makhluk berkemampuan super hanya ada dalam dongeng. Hingga 10 tahun lalu, keberadaan mereka tak lagi dianggap khayalan. Kini mereka benar-benar ada di tengah umat manusia.

Keberadaan mereka bagaikan buah simalakama bagi manusia. Di satu sisi membawa keuntungan, di sisi lain malah mendatangkan kesengsaraan. Dan belakangan, justru sisi yang disebut terakhirlah yang dominan.

Sebenarnya, para Keiyakusha ini baru muncul seminggu setelah terjadinya fenomena misterius di bumi. Yaitu, munculnya Hell’s Gate di Tokyo. Para Keiyakusha dan Doll, boneka tanpa jiwa yang jadi medium, mulai mengganggu peradaban manusia.

Agar tak meresahkan masyarakat, keberadaan para makhluk yang disebut Keiyakusha ini dirahasiakan. Hanya orang-orang tertentu yang mengetahui keberadaan mereka. Informasi mengenai mereka pun dijaga sangat ketat. Siapa pun yang tak berkualifikasi untuk mengetahuinya akan dihilangkan ingatannya.

Untuk menghadapi mereka, National Police Agency Jepang membentuk divisi 4, yang khusus menangani keamanan publik. Kirihara Misaki adalah salah satu petinggi divisi tersebut. Bersama anak buahnya, Misaki berusaha meredam aksi para Keiyakusha dan memastikan keberadaan makhluk istimewa ini tak terendus publik.

Ironisnya, negara-negara di dunia justru memanfaatkan jasa Keiyakusha sebagai agen rahasia. Mereka saling berebut informasi mengenai Hell’s Gate. Banyak pihak ingin mengungkap misteri yang dikandung area yang mematikan itu. Termasuk CIA dan MI6. Selain pihak pemerintah, tak sedikit organisasi yang mengincar rahasia Hell’s Gate.

Hei alias Li Sheng Shun adalah salah satu Keiyakusha yang bekerja untuk organisasi non-pemerintah. Bersama Yin yang seorang Doll, Huang, dan Mao, Hei menggali informasi di sana-sini. Untuk mencapai tujuannya, nggak jarang Hei harus membunuh lawannya.

Dunia yang kacau ini merupakan setting cerita Darker than Black ~ Kuro no Keiyakusha (DtB), serial anime yang mulai tayang di MBS sejak 5 April. Ide ceritanya yang unik datang dari Okamura Tensai dan Studio BONES. Okamura turun tangan sendiri menulis skenario dan menyutradarai serial sepanjang 25 episode ini.

Kepiawaian tim BONES dalam menangani DtB patut diacungi jempol. DtB memiliki jalinan cerita yang kompleks dan penuh misteri. Namun, Okamura tak membiarkan penonton merasa bosan. Aura cerita berubah-ubah di setiap episode. Kadang begitu suram, kadang mengentak dengan adegan action berlumur darah, kadang cute dan ceria (seperti episode 7, Red.).

Begitu banyak misteri yang dijejalkan Okamura dalam DtB. Menariknya, Okamura tahu benar timing yang pas untuk melepas hint. Hal ini membuat penonton menebak-nebak apa yang akan terjadi di episode selanjutnya. Rahasia apa lagi yang akan dibeber Okamura.

Hingga tulisan ini diturunkan, Okamura masih belum mengungkap apa hubungan Hell’s Gate dengan Keiyakusha. Bagaimana cara seseorang mengikat kontrak hingga jadi Keiyakusha, dengan siapa mereka mengikat kontrak, dan apakah mereka bisa memilih kekuatan yang mereka inginkan. Juga cara menentukan nilai kontraknya.

Untuk urusan animasi, hasil BONES tak perlu dipertanyakan. Walaupun tak terlalu istimewa, toh animasi DtB cukup memanjakan mata. Desain karakternya yang dikonsep Iwahara Yuji dan dikembangkan Komori Takahiro sangat pas dengan nuansa suram DtB.

Karakterisasi para tokoh dalam DtB patut diacungi dua jempol. Tak ada tokoh yang benar-benar baik dan benar-benar jahat dalam serial ini. Hampir semua berada di area abu-abu. Hei, misalnya. Walaupun dia terlihat dingin, tak segan membantai lawan dan saksi mata, toh dia pernah melindungi cewek yang tinggal di sebelah ruang apartemennya. Hei memang membantai para Keiyakusha yang berbuat onar, tapi bukan berarti dia berdiri di pihak yang benar.

Overall, DtB adalah serial yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Yang patut dicatat, serial ini mengandung unsur violence, isu-isu sosial, dan dialog yang lebih cocok dinikmati mereka yang berusia di atas 15 tahun. (ran)


Di Balik Hell’s Gate
Dalam Darker than Black, ada istilah-istilah penting yang berkaitan erat dengan latar belakang cerita. Inilah beberapa di antaranya:

Keiyakusha
Istilah yang digunakan untuk menyebut orang-orang berkemampuan khusus yang muncul hampir bersamaan dengan Hell’s Gate. Mereka mendapatkan kemampuan itu melalui suatu kontrak. Ada harga tertentu yang harus mereka bayar. Bukan dengan uang, tapi mereka harus melakukan sesuatu yang kadang terlihat sepele, bahkan kadang menyakitkan bagi dirinya sendiri. Contohnya Louis yang harus mematahkan jarinya, Jean harus menata batu-batu berurutan, dan November 11 terpaksa mengisap rokok yang dibencinya.

Moratorium
Setelah menggunakan kekuatannya, Keiyakusha harus segera membayar nilai kontraknya. Bila tidak, dia akan kehilangan kontrol atas kekuatannya. Dengan demikian, dia akan menjadi lebih destruktif dan membahayakan manusia. Kashiwagi Mai merupakan contoh Keiyakusha yang menjadi Moratorium.

Doll
Sesuai namanya, Doll adalah makhluk tanpa jiwa dan emosi yang menjadi medium. Beberapa di antaranya dilengkapi dengan kemampuan khusus. Umumnya mereka bekerjasama dengan Keiyakusha. Seperti Yin yang bisa melacak jejak menggunakan air dan July melacak dengan menggunakan kaca.

Falling Star
Bintang-bintang palsu yang terlihat di langit dan mengindikasikan keberadaan Keiyakusha. Saat ada Keiyakusha yang mati, bintang itu akan jatuh. Falling Star mulai menghiasi langit sejak munculnya Hell’s Gate.

Hell’s Gate
Area misterius yang muncul 10 tahun lalu. Tak banyak yang bisa diketahui mengenai Hell’s Gate, kecuali fakta bahwa kemunculannya mengancam peradaban manusia. Tim observasi yang dikirim ke sana pun tewas, karena tubuhnya terbakar atau hancur berkeping-keping. Kouzou Tahara adalah satu-satunya survivor. Dia berhasil membawa substansi misterius dari Hell’s Gate dan menelitinya.

Ketakutan manusia terhadap Hell’s Gate bisa dibilang agak berlebihan. Mereka membangun dinding tinggi yang memisahkan area yang berperadaban dengan Hell’s Gate. Padahal, walaupun dianggap berbahaya dan mematikan, Hell’s Gate belum pernah menyerang manusia secara frontal atau menunjukkan aktivitas mencurigakan. Hell’s Gate hanya akan bereaksi bila ada manusia memasukinya. Ancaman terbesar justru berasal dari Keiyakusha.

Heaven’s Gate
Area yang terletak di Amerika Selatan dan berkaitan dengan hilangnya ingatan Havoc, Keiyakusha paling kejam di dunia. Heaven’s Gate mendadak hilang lima tahun sebelum setting cerita.

ME
Teknologi baru yang dikembangkan ilmuwan berbagai negara untuk menghapus ingatan manusia normal yang pernah berurusan dengan Keiyakusha. ME digunakan agar informasi mengenai Keiyakusha tak sampai beredar di masyarakat. Sehingga, manusia bisa hidup normal seolah tak pernah terjadi apa-apa. (ran)


Chara

Hei a.k.a. Li Sheng Sun
Seiyuu: Kiuchi Hidenobu
Cowok yang sifat aslinya susah ditebak ini adalah Keiyakusha elit berkode BK-201 yang bekerja untuk organisasi misterius. Dia juga dikenal sebagai Black Shinigami. Setiap kali beraksi, Hei mengenakan topeng putih dan coat hitam antipeluru. Kawat baja yang ujungnya dilengkapi pisau sangat cocok bagi Hei yang dapat membangkitkan dan memanipulasi listrik. Hei memiliki adik perempuan bernama Bai yang kini keberadaannya tak diketahui.

Yin
Seiyuu: Fukuen Misato
Doll tuna netra yang membantu aksi Hei. Melalui air, Yin dapat melacak jejak seseorang. Cewek berambut perak ini hanya buka mulut bila diperlukan dan sangat patuh pada Huang. Sebagai Doll, wajah Yin nyaris selalu tanpa ekspresi. Namun, dia pernah mencegah Hei yang hendak pergi setelah bertengkar dengan Huang.

Huang
Seiyuu: Ikeda Masaru
Dialah yang menyampaikan perintah dari organisasi pada Hei. Sepertinya, pria paro baya ini membenci Keiyakusha. Huang menganggap Keiyakusha hanyalah mesin pembunuh. Karena hal inilah dia selalu terlibat adu mulut dengan Hei. Walaupun demikian, dia tak pernah melaporkan pembangkangan Hei pada atasannya.

Mao
Seiyuu: Sawaki Ikuya
Keiyakusha yang jiwanya terperangkap di tubuh kucing hitam. Otaknya terhubung dengan wireless network. Saat Hei beraksi, Mao-lah yang biasanya mendampingi dan memberi informasi. Sebagai Keiyakusha, Mao dapat mengendalikan tubuh binatang lain.

Kirihara Misaki
Seiyuu: Mizuki Nana
Salah satu petinggi di kepolisian Jepang. Sikap Misaki yang tegas dan patuh pada prosedur membuatnya dihormati anak buahnya. Dia bertugas memburu para Keiyakusha yang mengancam keamanan publik.


Darker than Black ~ Kuro no Keiyakusha
Karya orisinal: Okamura Tensai, Studio BONES
Produksi: Studio BONES
Tayang: MBS, 5 April 2007
Jumlah episode: 25


Sutradara: Okamura Tensai
Desain karakter orisinal: Iwahara Yuji
Desain karakter: Komori Takahiro
Skenario: Sunayama Karasumi, Onishi Shinsuke, Suga Shoutarou, Okamura Tensai, Nomura Yuuichi
Musik: Kanno Yoko

Tidak ada komentar: